Tuesday, November 10, 2009

Deklarasi Sancang Jaga Keutuhan Bandung Agamis

Tokoh Lintas Agama Jaga Keutuhan Bandung
Rabu, 11 November 2009 , 10:08:00

BANDUNG, (PRLM).- Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (LADS) yang digagas tokoh dan pemuka agama Islam, Protestan, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk menjaga keutuhan Kota "Kembang" itu.

Demikian pernyataan sikap para pemuka agama yang disampaikan pada peringatan "Dua Tahun Deklarasi Sancang` yang digelar di GKI, Jl Maulana Yusuf, Kota Bandung, Rabu.

"Kami sepakat untuk menjaga keutuhan Bandung dan hidup dalam kebersamaan. Gerakan ini tak hanya lokal Bandung namun juga akan dikembangkan di forum yang lebih luas di tingkat regional dan nasional," kata Ketua Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang, K.H. Kiagus Zenal Mubarok, seperti dikutip “Antara”.

Sementara itu, perayaan "Dua Tahun Deklarasi Sancang" dihadiri sekitar 500 orang dari berbagai agama di Kota Bandung yang berlangsung dalam suasana keakraban.

Hadir pada kesempatan itu Wali Kota Bandung H Dada Rosada, K.H. Maftuh dan beberapa pemuka agama lainnya di Bandung yang menjadi deklarator Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang lainya.

Kegiatan itu ditandai dengan Doa dan Syukur secara bergantian oleh KH Asep Syarif Hidayat (Islam) Js Bambang Sukotjo (Budha), Budiono Ariwibowo (Konghucu), Pandita Indra Wijaya (Protestan), Pastor Wirasmo hadi (Katholik), I Nyoman Mudra (Hindu).

Kegiatan itu juga ditandai dengan penanaman pohon oleh Wali Kota Bandung di depan GKI Maulana Yusuf itu. Sementara itu penyair asal Tasikmalaya H Acep Zam Zam Noor membacakan puisi "Melawan Lupa" yang mengkritisi lingkungan sosial dan kehidupan politik kenegaraan di negeri ini. (A-147)***

No comments:

Post a Comment